June 4, 2023

getallsmm.com

Blog Media Info Terkini

Leher Hitam: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Leher hitam termasuk masalah kulit yang kerap terjadi tanpa disadari. Memang, kita kerap kali mengabaikan kesehatan kulit leher. Padahal, kondisi kulit leher tak kalah pentingnya dengan bagan kulit lainnya. Tentu saja, Anda ingin punya leher yang lembut dan cerah agar lebih percaya diri. Di sini, kita akan membahas penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab & Cara Mengatasi Leher Hitam

Kenapa leher hitam atau gelap bisa terjadi karena beragam faktor. Perlu Anda ketahui, area kulit leher memang rentan tampak gelap. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena hormone. Tetapi, bisa juga karena paparan sinar matahari, atau bahkan kondisi lain terkait kulit.

Mungkin, seseorang yang lehernya hitam juga melihat perubahan tekstur kulitnya. Misalnya adalah lebih lembut atau lebih tebal dari kulit di sekitarnya.

  • Hiperpigmentasi

Kulit leher menggelap umumnya terjejadi karena hiperpegmentasi. Seseorang yang sedang hamil atau mereka dengan berat badan berlebih dapat mengalaminya sehingga leher tampak hitam.

Untuk mengatasinya, gunakan tretinoin topikal yang berfungsi mendorong pergantian sel kulit. Terapi laser juga dapat menjadi alternatif untuk membantu mengurangi hiperpegmentasi.

  • Akantosis Nigrikans

Kondisi ini bisa membuat kulit leher tebal dan gelap, bahkan teksturnya bisa seperti beludru. Selain itu, kondisi ini juga muncul tiba-tiba, meski tidak menular & tidak berbahaya. Penderita diabetes lebih rentan mengalami kondisi ini.

Untuk mengatasi leher hitam akibat akantosis nigrikans, Anda harus mengendalikan berat badan dan menerapkan pola makan bergizi. Bergerak aktif & menurunkan berat badan secara tak langsung akan menurunkan jumlah insulin yang tak terpakai pada tubuh.

  • Dermatitis Negelcta

Beikutnya, Dermatitis Neglecta juga menjadi salah satu penyebab leher hitam pada anak maupun dewasa. Kondisi ini terjadi akibat akumulasi sebum, bakteri, korneosit, dan keringat pada kulit, sehingga membentuk kerak kotoran yang padat & melekat.

Untuk mengatasinya, cukup berikan perawatan kulit yang tepat dengan eksfoliasi kulit pada leher, dengan sabun, alkohol, atau air bersih. Cara lain adalah dengan merendam leher di bak mandi. Atau, Anda juga dapat mengoleskan kompres hangat agar semua kotoran membandel turun.

  1. DyskeratosisCongenita

Meski cukup langka, penyakit genetik ini bermanifestasi dengan ciri-ciri mukokutan, fibrosis paru/hati, atau kegagalan sumsum tulang. Secara sederhana, kondisi ini bisa menyebabkan hiperpegmentasi di kulit leher sehingga leher tampak kotor & gelap. Selain itu, kondisi ini juga bisa mengakibatkan bercak putih dalam mulit, bulu mata jarang, dan kuku menonjol.

  • Tingginya Kadar Insulin Darah

Kondisi ini juga dapat mengakibatkan hiperpegmentasi pada leher, khususnya leher belakang. Wanita dengan sindrom ovarium polikistik lebih rentan terhadap kondisi ini. Untuk menentukan pengobatan atau penanganan leher hitam yang tepat akibat tingginya kadar insulin darah, diperlukan tes darah & biopsi kulit sebagai diagnosis.