Januari 26, 2022

getallsmm.com

Blog Media Info Terkini

Cara Mendongkrak Kendaraan saat Mengganti Ban yang Bocor

Bocornya ban kendaraan bisa terjadi pada setiap kendaraan. Baik mobil truk yang belum lama dibeli dari leasing truk di Indonesia maupun mobil keluarga juga bisa mengalaminya. Sebab bocornya ban ini umumnya dikarenakan ban tertusuk oleh benda tajam sehingga berapapun usia ban dan sebagus apapun kondisi ban masih tetap bisa mengalaminya. 

Ketika ban mengalami bocor, maka langkah yang harus diambil adalah menggantinya dengan ban cadangan agar bisa menuju tempat tambal ban. Namun banyak yang merasa kesulitan karena kurang paham bagaimana cara mendongkrak kendaraan. Nah, jika Anda juga termasuk yang belum paham, berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan:

  • Cek kelengkapan alat dan kondisi dongkrak

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kelengkapan alat yang Anda punya seperti besi pemutar, bes dongkrak, dan lainnya. Cek apakah semua alat sudah tersedia secara lengkap atau tidak.

Dan Anda juga penting untuk mengecek kondisi dongkrak yang akan digunakan untuk mengganti ban yang bocor. Misalnya, apakah ada kebocoran oli pada dongkrak, apakah ada komponen pendukung dongkrak, dan lain sebagainya. 

  • Cari Tumpuan

Setelah mengecek kelengkapan alat dan kondisi dongkrak, selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari tumpuan untuk menaikkan kendaraan. Hal ini penting untuk membantu mencegah supaya badan kendaraan tidak jebol saat dilakukan penggantian ban. Di samping itu, adanya tumpuan juga dapat mengatasi supaya kendaraan tidak jatuh saat sedang melepas ban. 

Ada 2 tumpuan keras pada bagian tubuh kendaraan yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Pada struktur body monocoque. Struktur ini biasanya terletak di bagian bawah kendaraan yang menyatu dengan kerangka tubuh kendaraan bagian atas, Anda bisa meletakkan tumpuan Anda pada struktur ini karena jarang terjadi kecelakaan. 
  • Pada body terpisah. Pada kendaraan roda berat seperti truk, tumpuan ini sering menjadi titik pusat dongkrak. Titik ini ada pada frame berbentuk besi melintang pada bagian bawah kendaraan. Selain itu, Anda juga bisa mencari titik lain seperti axle shaft.
  • Posisikan dan atur ketinggian dongkrak

Jika sudah mendapat titik tumpu yang Anda inginkan, posisikan agar titik dongkrak sesuai dengan titik tumpu. Jadi, saat dongkrak Anda naikkan tidak akan keluar dari jalur. Setelah itu, putar dongkrak dengan besi putarnya sampai kendaraan naik pada ketinggian yang Anda inginkan.

Demikian cara mudah mendongkrak kendaraan saat mengganti ban yang bocor. Selalu ingat untuk berhati-hati dan memilih titik tumpu yang sesuai karena jika salah sedikit saja akan sangat berbahaya untuk keselamatan Anda. Semoga artikel ini membantu, ya!