September 30, 2022

getallsmm.com

Blog Media Info Terkini

 Asuransi Jiwa Unit Link, Jawaban untuk Kebutuhan Proteksi sekaligus Investasi

Asuransi unit link ialah salah satu jenis produk asuransi jiwa yang menanggung risiko personal tertanggung dengan sistem kombinasi dua asuransi produk keuangan, yaitu asuransi dan produk investasi (Qoala). Artinya, setiap premi yang disetorkan tertanggung akan dibagi untuk dua manfaat kebutuhannya kelak: proteksi dan investasi.

 

Cara kerja asuransi jiwa unit link

Mengutip laman Kompas, untuk memperoleh manfaat proteksi, pemegang polis akan dikenakan biaya sesuai dengan jenis proteksi yang telah dipilih. Biaya itu nantinya akan mengurangi porsi investasi yang dapat diterima atau dinikmati pemegang polis. Pemegang polis sendiri ialah orang atau nasabah yang membayar premi.

 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerangkan bahwa semakin beragam manfaat proteksi yang dipilih oleh nasabah, maka beban biaya untuk membayar premi pun makin besar. Hal ini kemudian dapat diartikan bahwa porsi dana yang bisa diinvestasikan menjadi semakin kecil dan potensi keuntungan juga relatif lebih kecil.

 

Manfaat asuransi jiwa unit link

Dikutip dari Liputan6.com, beberapa manfaat jenis asuransi ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Terdapat fungsi ganda. Memiliki dua manfaat sekaligus, asuransi jiwa unit link bermanfaat untuk perlindungan sekaligus laba dari potensi hasil investasi. Fungsi ganda ini juga akan membuat nasabah merasa mudah lantaran tidak perlu pusing mengurus dana investasi dan dana proteksi secara terpisah.
  • Bila nasabah merasa masih kurang terhadap manfaat perlindungan yang sudah ada, maka ia dapat menambah manfaat lain sesuai kebutuhan dan kemampuan finansialnya. Hal ini dapat dilakukan dengan konsultasi pada agen asuransi terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan memilih.
  • Jangka waktu pertanggungan panjang. Umumnya, masa pertanggungan asuransi jiwa satu ini mencapai usia 99 tahun pemegang polis. Dengan begitu, nasabah dapat memperoleh perlindungan jiwa sekaligus laba dari potensi hasil investasi hingga ia berusia senja. Di saat yang sama, nasabah juga harus cermat dalam memahami ilustrasi manfaat asuransi, isi polis, serta segala konsekuensi temasuk pengecualian, biaya, risiko, hak, kewajiban, dan cara pengajuan klaim.

 

Hal-hal penting yang harus diperhatikan

Sebelum memilih produk asuransi jiwa unit link, seorang calon nasabah harus memerhatikan beberapa hal-hal penting berikut:

  • Buat rencana dan tujuan keuangan. Memproteksi diri untuk hari esok memang penting. Meski begitu, menyisihkan uang Anda untuk kebutuhan ini tidak bisa asal-asalan. Untuk itu, buatlah rencana dan tujuan keuangan Anda terlebih dahulu, baru sisihkan uang Anda untuk keperluan ini.
  • Perhatikan kondisi keuangan saat ini. Melanjutkan poin sebelumnya, hal ini dimaksudkan agar Anda dapat menyeimbangkan kewajiban membayar premi asuransi Anda dengan kebutuhan hidup Anda lainnya.
  • Perhatikan kebijakan produk yang dipilih. Tiap produk asuransi dari perusahaan penyedia tentu memiliki aturan main sendiri-sendiri. Maka, bertanyalah pada agen mengenai hal-hal krusial seperti premi dan ilustrasi serta penjelasan lainnya sebelum Anda menandatangani kontrak.
  • Pahami cara kerja dana investasi. Mintalah agen asuransi untuk menjelaskan prospektus atau hal lain mengenai performa manajer investasi.
  • Perhitungkan jangka waktu. Memilih asuransi ini berarti memilih untuk mengalokasikan uang selama durasi tersebut. Untuk itu, Anda perlu menghitung masa-masa kewajiban bayar premi Anda dengan matang serta tidak lupa melihat semua risiko.

 

Demikianlah ulasan mengenai asuransi jiwa unit link yang dapat memberi Anda manfaat ganda berupa proteksi dan investasi. Semoga informasi dalam artikel ini berguna bagi Anda.