Agustus 10, 2022

getallsmm.com

Blog Media Info Terkini

4 Manfaat Retinol Serum bagi Kulit Wajah

Bagi wanita yang memasuki usia 30 tahunan, merawat kulit jadi rutinitas yang nggak boleh terlewatkan. Soalnya, di umur ini elastisitas kulit akan mulai berkurang sehingga butuh retinol serum untuk menjaga kekencangannya. 

Retinol merupakan turunan dari vitamin A, kelompok vitamin yang banyak ditemukan dalam wortel, ubi jalar, dan telur. Bahan ini merupakan bahan aktif dalam skin care anti-aging. Bahan ini bekerja dengan cara masuk ke dalam lapisan kulit dan membantu menetralkan radikal bebas penyebab tanda-tanda penuaan. 

Di pasaran, retinol serum muncul untuk membantu mengatasi berbagai tanda-tanda penuaan dini di kulit wajah. Tapi, bukan itu aja manfaat yang bisa kamu rasakan dari produk retinol. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

Manfaat Retinol Serum

Dikutip dari berbagai media, retinol mencegah tanda penuaan dini dengan cara mengubah perilaku sel-sel lama. Beberapa hasilnya yaitu tekstur kulit lebih halus, lebih bercahaya, dan tanda-tanda penuaan berkurang. Lebih detailnya, manfaat retinol sebagai berikut.

  1. Merawat Kekencangan Kulit

Retinol mampu memperlambat proses penuaan kulit dengan cara memelihara fungsi epidermis (lapisan kulit terluar), menjaga kulit tetap lembap, dan mencegah penurunan produksi kolagen. Karena itulah, merawat kulit dengan retinol dapat membuat kulit kelihatan awet muda.

  1. Menyamarkan Garis-garis Halus di Wajah

Garis-garis halus, keriput, pori-pori wajah membesar, dan kulit terlihat kusam merupakan beberapa tanda penuaan dini. Menemukan salah satu tanda ini di kulitmu? Jangan panik dulu! 

Retinol dikenal mampu meningkatkan produksi kolagen dan membantu regenerasi sel. Kolagen sendiri merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan elastisitas kulit. Karena itulah, retinoid membantu melembutkan kerutan dan garis-garis halus di wajah.

  1. Memperhalus Tekstur Kulit 

Sudah disebutkan di atas, retinol mampu masuk ke dalam lapisan kulit. Ini karena retinol terdiri dari molekul kecil yang dapat memberikan efek pengelupasan seperti dalam proses regenerasi kulit. Lapisan kulit baru yang teksturnya lebih lembut pun terbentuk.

  1. Menyamarkan Bintik Hitam

Sinar matahari langsung dapat menimbulkan efek negatif bagi kulit wajah. Salah satunya, pemunculan bintik-bintik hitam (flek) yang seringkali bikin kita kurang pede. Serum retinol dapat membantu kamu menyamarkan bintik hitam dan pigmentasi berlebih. Contohnya, serum Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution yang dapat digunakan semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif sekalipun. 

Apa yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Retinol Serum?

Walaupun punya banyak manfaat bagi kulit wajah, penggunaan serum retinol juga perlu diperhatikan. Apalagi, kalau kamu belum pernah pakai retinol sebelumnya.

Agar kulit nggak jadi kering, iritasi, dan lebih sensitif sama sinar matahari, ada beberapa hal yang wajib kamu ingat sebelum menggunakan serum ini.

Pertama, jangan gunakan bersamaan dengan bahan lain, seperti salicylic acid atau benzoyl peroxide. Lalu, selalu coba dengan kadar retinol yang rendah (kurang dari atau sama dengan 1%). 

Sekadar info, retinol sendiri terbagi dalam beberapa jenis. Komposisi yang ringan biasanya mengandung retinol jenis retinaldehyde, retinol, dan retinyl palmitate. Adapun yang berat atau harus menggunakan digunakan dengan pengawasan dokter kulit, antara lain tazarotene dan tretinoin.

Sebaiknya, aplikasikan serum pada malam hari saja di awal pemakaian atau secara bertahap. Kamu perlu melihat dulu reaksi kulit terhadap retinoid. Jangan lupa kenakan sunscreen atau tabir surya ber-SPF minimal 30 untuk melindungi kulit wajah yang lebih sensitif terhadap sinar matahari setelah penggunaan retinol.

Gimana, sudah lebih paham tentang retinol sekarang? Jangan ragu menggunakan retinol serum untuk tampil lebih awet muda.